Tips ringan untuk shalat tahajud

Tuesday, April 14, 2009 |

Untuk menjadi muslim yang baik seseorang tidak hanya menjalankan kewajiban saja tetapi juga dituntut untuk menjalankan hal-hal yang bersifat sunnah. Imam Nawawi di dalam kitab bidayatul hidayahnya mengatakan bahwa melakukan yang wajib ibarat orang berdagang hanya mengembalikan modalnya saja, sedangkan yang termasuk keuntungannya adalah ibadah sunnah.

Dengan demikian, ibadah sunnah menjadi hal-hal yang bersifat istimewa terkait dengan kalkulasi amal ibadah kelak di hari akhirat. Dari sekian ibadah sunnah adalah ibadah sunnah yang sangat di anjurkan yaitu melaksanakan shalat tahajjud, atau lebih mudahnya adalah shalatul lail seperti yang kita ketahui bersama, tentunya tidak mudah untuk mejalankannya karena pada saat malam hari jasad kita menuntut untuk dimanjakan dengan tidur.

Maka dari itu TIPS KITA dirasa perlu untuk memberikan tips dan trik supaya mudah dalam menjalankannya, diantara yang harus kita lakukan adalah;
1. Sebelum tidu bacalah do'a dan diantara do'a tersebut sisipkanlah do'a untuk bisa melek malem untuk melakukan ibadah sunnah yang sangat di anjurkan tersebut, yaitu kira-kira antara jam 11 sampai subuh.
2. Untuk membiasakannya, pertama-tama biasakanlah melek meski 5 menit secara rutin pada saat kita terbangun, jika tidurnya ngebo ya pasanglah alarm atau cara lainyang memungkinkan kita bisa terbangun.
3. Ulangilah secara terus menerus point 2 tadi dengan sedikit demi sekit menambah durasi waktunya.
4. Jika sudah terbiasa, paksakan diri ini untuk mengambil air wudhu atau sekedar membasuh muka, jika sudah terbiasa maka lama kelamaan hati kita akan terpanggil untuk melakukan wudhu dan shalat meski 2 raka'at
5. alhamdulillah…. Ternyata sukses. Kalau begitu tinggal menjaga ketahanan meleknya saja, nah.. yang terpenting dalam mempertahankanmelek kita adalah di bawah ini;
6. Jika rasa kantuk datang maka usahakan meminum air hangat atau air setengah panas. Pasti ma' nyos mata terang benderang, karena air hangat itu akan mengetuk syaraf dan mata kita menjadi terbelalak lebaaaar banget.





Related With:

0 comments:

Post a Comment