Tips Sholat Khusyu'

Saturday, May 16, 2009 |

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى حَتَّى تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (QS. An-nisa':43)

Sholat adalah ibadah yang wajib dilaksanakan oleh setiap kaum muslim-muslimah yang sudah akil baligh, berdasarkan hadits ibadah sholat akan dipertanyakan oleh Allah pertama kali kelak diakhirat sebelum mempertanyakan ibadah-ibadah lainnya, sholat juga dipakai sebagai standard semua amal ibadah, apabila sholatnya baik maka ibadah yang lain akan terbawa menjadi ibadah yang baik pula.

Keutamaanya tidak terdapat pada lama atau tidaknya pelaksanaan sholat, akan tetapi berdasarkan pendapat Imam Ghazali bahwa, bobot sholat di ukur dari khusu' dan tidaknya seseorang dalam melakukan sholat tersebut. Bahkan di dalam QS. al-Maun:4 Allah berfirman:

فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ. الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ.

"Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya" (QS. al-Maun: 4-5)

Oleh karena itu Tips Kita kali ini akan memberikan tips yang berkategori tips agama, membahas seputar bagaimana menjadikan sholat ini lebih berbobot lagi. Dengan sholat khusyu' juga bisa memperoleh berbagai manfaat diantaranya pikiran menjadi tenang dan jernih, merubah kondisi psikis ke arah yang lebih positif, dan memungkinkan seseorang untuk obat stres.. apalgi stres mikirin page ranking yang tak kunjung berubah he he he. Langsung saja di antara tips sholat khusyu' adalah sebagai berikut:

1. sebelum melakukan sholat selesaikan semua pekerjaan terlebih dahulu yang nantinya dapat menganggu sholat, atau jika telah dekat datang waktu sholat jangan melakukan pekerjaan yang tidak mungkin terselesaikan sampai waktu sholat datang, karena hal itu akan dihadirkan oleh setan di pertengahan sholat kita.
2. sebelum takbir tata niat yang baik bahwa sholat yang kita lakukan adalah hanya semata-mata karena Allah, sehingga dalam pelaksanaan sholat kita tidak perduli dengan orang lain
3. pilih tempat yang nyaman yang anda sukai untuk melaksanakan sholat dengan tidak mengurangi keutamaan sholat itu sendiri
4. Takbir, dengan mengucapkan Allahu akbar yang artinya adalah Allah maha besar, tanamkan ke dalam hati bahwa semua masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari ini adalah persoalan kecil jika dibanding dengan kebesaran Allah.
5. eja setiap rangkaian ayat yang engkau baca, tentunya dengan belajar. So kita tidak hanya belajar ngeblog atau demam fb tetapi juga harus kita luangkan untuk membuka situs-situs yang ada kaitannya dengan ilmu pengetahuan agama.
6. Jangan lupa untuk selalu berdo'a kepada Allah swt agar selalu diberi hati yang bersih sehingga mudah melaksanakan perintahnya dan selalu tunduk, petuh sertakhusyu' di dalam menjalankan aktifitas sehari-hari

CATATAN:
Tidak cukup sholat itu hanya ada di dalam masji tetapi bawalah sholat anda ke kantor-kanto, pandai bertakbir membesarkan Allah tetapi di luar sholat tetap saja menganggap besar dirinya, ada orang yang sujud di dalam masji namun di luar san kecurangan yang ia lakuan terus meraja lela

many people of takbir in mosque, but outside he still enlarge small problem, many people which can ruku' in mosque but clever also doing corruption, many people which can do sujud in mosque but outside mosque he do arrogancy. they is peoples which unable to bring your parayers into reality life in world.

Related With:

0 comments:

Post a Comment