Tips sukses belajar di rumah

Friday, May 22, 2009 |

Pada saat proses pembelajaran disekolah, jelas sudah oke-lah, akan tetapi, biasanya ada beberapa kendala yang di alami oleh seorang pelajar pada saat ingin mengulang kembali pelajaran yang disampaikan oleh guru pada saat sudah di rumah. Misalnya, karena diruah tuntutannya tidak terlalu formal, pengaruh santai, TV, mainan dan lain-lain.

Kini TIPS KITA akan memberikan beberapa tips supaya belajar dirumah dengan mudah tanpa bersusah payanh untuk mengingat-ingat pelajaran yang disampaikan oleh pak guru di seolah. Tips ini telah teruji beberapa kali, termasuk murid-murid saya juga. Diantaranya adalah:

1. Siapkan waktu yang cukup secara rutin setiap harinya untuk belajar di rumah, ada pepatah arab mengatakan:"kontinyu itu lebih baik daripada melakukan seribu kemulyaan tapi tidak kontinyu". So… sebagai orang tua, ciptakanlah rumah anda bak suasana belajar di sekolah.
2. Ulagilah pelajaran yang disampaikan oleh guru dengan segera, kalau waktu belajarnya malam ya ulangilah pelajaran yang tadi pagi, awas… jika ada PR kerjakan dimalam harinya, jangan sampai nunggu masa depan. Kalau nunggu masa depan ibarat orang makan, mempelajari pelajaran yang tadi pagi sama dengan makan nasi hangat..meski lauk pauknya kurang enak tetap saja terasa nikmat. Begitu juga sebaliknya kalau makan nasi yang basi meski pakai sate tetap aja tidak enak.
3. Pastikan semua rumus dan kata kunci yang tadi pagi dipelajari hafal diluar kepala (wah berhamburan dong he he he)
4. Jika masih ada waktu luang, siapkan buku dan peralatan sekolah untuk besok pagi, dan cek ulang barang kali ada PR yang belum dikerjakan di minggu-minggu sebelumnya
5. Tidur…dan jangan lupa baca do'a ya… (mwiyono)

PERHATIAN:
Banyak orang yang tidak cerdas tetapi melakukan tindakan yang cerdas, masak anda yang cerdas tidak bisa melakukan tindakan cerdas…

Related With:

0 comments:

Post a Comment